Beginilah Cara Jitu Agar Kayu Tidak Dimakan Rayap

Tahukah Anda bahwa rayap yang kecil itu memiliki kekuatan yang cukup besar, bahkan dalam waktu 24 jam selama 7 hari tanpa berhenti mereka tidak pernah berhenti makan. Apa yang dimakannya? Tentu saja semua perabotan dan juga kayu bangunan yang ada di sekitarnya. untuk wilayah jakarta jika Anda mengalami masalah ini bisa hubungi anti rayap jakarta.

Itulah mengapa banyak sekali barang yang cepat rusak jika sudah terserang oleh hama rayap. Inilah mengapa saat Anda menyadari bahwa rumah dan perabotan Anda terserang rayap, harus sesegera mungkin membasminya. Tentu saja agar kayu tidak dimakan rayap.

Agar kayu tidak dimakan rayap tentu saja ada tips dan triknya. Tapi sebelum mencari tahu apa saja cara agar kayu awet dan tidak dimakan rayap sebaiknya Anda harus tau apa saja ciri-ciri kayu dan bangunan yang diserang oleh koloni rayap. Simak di bawah ini ya:

  1. Rayap Di mana-mana

Jika Anda mulai menemukan kehadiran rayap bisa dipastikan bahwa mereka mulai menyerang kediaman Anda. Jadi yang harus Anda lakukan adalah mencari sarang mereka dengan cara mengikuti pergerakannya. Biasanya rayap akan berbaris untuk menuju sarangnya.

  1. Adanya Serbuk Kecil

Rayap jenis pemakan kayu biasanya akan meninggalkan bekas atau jejaknya berupa serbuk yang berbentuk kecil-kecil. Ini berbeda dengan kotorannya ya, meski serbuk ini hampir mirip tapi ternyata bukan. Ini adalah sisa makanan mereka yang tidak habis mereka cerna.

  1. Mengetuk Kayu

Cobalah mencari jejak rayap dengan cara mengetuk kayu atau bagian yang Anda curigai diserang oleh koloni rayap. Jika saat mengetuk Anda merasakan kayu yang berongga dan tidak padat, bisa jadi kayu tersebut sudah dimakan oleh rayap.

Nah jika sudah tahu apa saja ciri-ciri kayu yang dimakan rayap, sekarang Anda harus tau bagaimana caranya agar menjaga kayu tersebut supaya tidak dimakan oleh rayap. Simak di bawah ini ya:

  1. Lakukan Suntik Rayap

Cara ini sangat efektif khususnya untuk Anda yang sedang merencanakan untuk membangun sebuah bangunan, sebelum bangunan tersebut kokoh berdiri, sebaiknya lakukan penyuntikan pada bagian tanahnya. Suntik rayap ini agar mencegah rayap datang ke area rumah Anda.

Untuk membuat cairan suntik rayap, bisa Anda gunakan beberapa campuran bahan seperti:

  • Kapur barus
  • Minyak solar
  • Kuas dan suntikan

Caranya:

  • Ambillah kapur barus kira-kira 200 gram lalu haluskan
  • Siapkan minyak solar kira-kira sekitar 1 liter
  • Kemudian campurkan kapur barus yang sudah dihaluskan tadi dengan minyak solar, aduk hingga rata
  • Anda bisa langsung mengoleskannya menggunakan kuas atau menyuntikkannya ke area yang diinginkan. Lakukan secara rutin.
  1. Mengoleskan Cairan Anti Rayap

Namun jika rumah Anda sudah jadi dan siap ditinggali, sebaiknya gunakan saja cairan anti rayap. Oleskan cairan tersebut pada kayu dan bangunan Anda lainnya. Jika mengoleskannya menggunakan kuasĀ  cukup memakan waktu, Anda bisa menyemprotkannya menggunakan botol penyemprot untuk menghemat waktu dan tenaga. jika anda keuslitan silahkan kontak saja anti rayap jakarta

Anda bisa menggunakan bahan lain selain penyemprot rayap seperti campuran oli dan solar. Menggunakan perbandingan 1:3. Setelah menyemprotkannya ke bangunan dan mulai kering barulah Anda bisa mengecat bangunan tersebut.

  1. Gunakan Kayu yang Keras

Alternatif lainnya adalah dengan cara memilih kayu yang kuat dan cukup keras untuk bangunan Anda. Contohnya seperti kayu jati, kayu ebony, dan kayu ulin. Tentu saja rayap akan sedikit kesulitan menggerogoti kayu yang keras seperti ini.

Itulah tadi cara jitu agar perabotan dan bangunan rumah Anda tidak dimakan rayap. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *